Sejarah Seragam Sekolah, Mengapa Berseragam Di Sekolah?

Sejarah Seragam Sekolah – Saat pergi ke sekolah, kita mengenakan seragam sekolah. Di Indonesia, kebanyakan sekolah dasar memiliki aturan berseragam putih dan merah. Namun ada juga sekolah yang memiliki seragam khusus masing-masing. Sebenarnya mengapa kita harus menggunakan seragam sekolah dan bagaimana sejarah seragam?

Fungsi seragam sekolah

Ada alasan mengapa kita memakai seragam sekolah. Yang pertama adalah untuk membedakan tingkat pendidikan, teman-teman. Di Indonesia, kita yang duduk di sekolah dasar mengenakan seragam warna putih merah.

Kemudian kakak-kakak yang duduk di sekolah menengah pertama mengenakan seragam putih biru. Sementara kakak-kakak di sekolah menengah atas mengenakan seragam putih abu-abu.

Dengan memakai seragam, artinya kita mentaati peraturan sekolah, teman-teman. Nah, ini bisa melatih kita agar menjadi disiplin. Memakai seragam juga artinya kita bertanggung jawab menjaga nama baik sekolah, saat berada di luar lingkungan sekolah. Kemudian seragam ada agar semua siswa tidak dibeda-bedakan, teman-teman.

Nah, sejak kapan sih mulai ada seragam sekolah?

Asal-usul seragam

Menurut catatan sejarah, seragam pertama kali dipakai di Inggris, sekitar tahun 1222. Saat itu, sebuah sekolah mengharuskan siswanya mengenakan pakaian seperti jubah. Pakaian ini dikenal dengan nama cappa clausa, teman-teman.

Namun seragam modern baru muncul di abad ke-16. Saat itu sekolah asrama Christ’s Hospital di Inggris mengenakan seragam jubah berwarna biru dan stoking berwarna kuning. Sekolah ini masih mengenakan seragam ini sampai sekarang. Awalnya sekolah yang mengenakan seragam adalah sekolah amal yang memberikan pendidikan untuk siswa kurang mampu. Kemudian, seragam menjadi identitas bagi masyarakat kelas atas dan digunakan di banyak sekolah swasta. Seragam kemudian digunakan di sekolah-sekolah lain, untuk menjadi identitas agar semua siswa sama.

Peraturan berseragam di berbagai negara

Sekitar abad ke-19, peraturan memakai seragam sekolah mulai tersebar ke berbagai penjuru dunia. Misalnya Australia yang mulai memakai peraturan seragam di tahun 1920-an. Seragam siswa di Australia biasanya mengenakan topi, seperti di Inggris. Di Tiongkok, awalnya seragam sekolah menggabungkan antara seragam seperti orang Inggris dan pakaian tradisional Tionghoa. Namun sekarang seragam sekolah di Tiongkok banyak dipengaruhi oleh seragam sekolah di Korea. Nah, kalau di Jepang, seragamnya tidak dipengaruhi dari seragam sekolah Inggris. Seragam sekolah di Jepang justru terinspirasi dari seragam militer Prancis dan Prussia.

Ada sekolah yang tidak berseragam

Di Amerika Serikat, kebanyakan sekolah tidak mengharuskan siswa mengenakan seragam, teman-teman. Namun seperti banyak negara lainnya, seragam sekolah mulai digunakan di Amerika Serikat tahun 1900-an. Awalnya hanya sekolah swasta dan sekolah Katolik yang mengenakan seragam. Kemudian di tahun 1980 sekolah umum mulai ada yang menggunakan seragam. Penetapan aturan memakai seragam di Amerika rupanya juga berdampak pada meningkatnya sikap baik dan kedisiplinan siswa.

Disini kami menyediakan berbagai macam atau model seragam sekolah maupun perlengkapan sekolah. Terima kasih..

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang di Rumah Seragam,
Ada yang bisa dibantu?
Promo Gratis Ongkir