Bahan Cotton Combed Dan Penggunaan Pada Seragam

Bahan Cotton Combed ini merupakan kain yang disusun dari serat kapas, dimana pada saat spinning menggunakan mesin combing. Proses pembuatan cotton combed diawali dengan carding yakni penyelisihan kain dari benang kasar. Proses carding merupakan bagian penting dalam proses pemintalan benang karena setengah proses pemintalan dan disebut juga sebagai Jantung Pemintalan.

Barulah bahan hasil carding diseleksi dengan proses combing yakni penyeleksian terhadap bulu-bulu atau kapas-kapas sisa yang tidak optimal. dan dapat menyerap keringat. Bahan Katun Combed seringkali digunakan sebagai bahan dasar produsen kaos baik clothing maupun distro. Hal inilah awal nama combed karena melewati tahap combing. Dalam produksi baju atau kaos, cotton combed seringkali disebut bahan katun.

Karakteristik Bahan Cotton Combed

  1. Serat benang halus
  2. Hasil dari rajutan dan tekstur kainnya merata dan tidak berbulu
  3. Sifat kainnya lembut dan halus sehingga nyaman untuk digunakan
  4. Dapat menyerap keringat sehingga terasa sejuk atau tidak panas
  5. Tidak mudah kusut
  6. Tidak mudah luntur
  7. Mudah untuk pemrosesan sablon

Jenis Bahan Cotton Combed

Ada beragam jenis-jenis bahan kain Katun Combed yang beredar di pasaran diantaranya ialah combed 20s, 24s, 30s dan 40s. Yang membedakan dari setiap jenis bahan Katun Combed ialah ketebalan atau gramasi yang menunjukkan tipe kerapatan benang. Semakin kecil angkanya, maka semakin tebal bahan dan rajutan sebuah kain katun. Begitu juga sebaliknya, maka semakin tipis ketebalannya. 

Berikut ini penjelasan mengenai 4 jenis bahan kain Katun Combed :

  1. Bahan 20s 
    Bahan kain Katun Combed biasa ditawarkan oleh Rumah Seragam sebagai pilihan favorit karena penjual bahan dengan jenis ini banyak ditemukan dimana-mana. Apalagi sekarang semakin banyak bermunculan produsen kaos polos 20s yang mempermudah konveksi maupun vendor sablon untuk melakukan produksi.ini memiliki ketebalan berkisar 180 s/d 220 gr/m2. Bahan 20s merupakan bahan paling populer di antara bahan Katun Combed yang lain, bahkan di antara semua bahan kaos yang ada.

  2. Bahan 24s
    Untuk bahan Combed 24s mempunyai ketebalan bahan kaos yang berkisar antara 170–210 gr/m2. Bahan Combed 24s biasa digunakan oleh Rumah Seragam yang berdomisili di Bandung. Bahan kain Katun Combed 24s merupakan bahan yang paling banyak dicari karena ketebalannya yang berada di tengah-tengah. Karakter bahan ini tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

  3. Bahan 30s
    Ini dia bahan favorit anak-anak muda di daerah perkotaan. Bahan ini biasa diandalkan clothing line dan distro karena tipis dan tidak panas. Bahan Combed 30s menggunakan gramasi yang berkisar antara 140–160 gr/m2. Bahan Combed 30s biasa digunakan oleh Rumah Seragam yang berdomisili di Bandung.

  4. Bahan 40s
    Bahan ini merupakan bahan paling tipis di antara Katun Combed yang lain. Biasa produksi gramasi antara 110–120 gr/m2 dengan jenis rajutan Single Knitt. Kerap digunakan olehbeberapa clothing line .Katun Combed

Berkaitan dengan Cotton Combed, sangat penting diketahui oleh para pembeli dan lebih penting lagi bagi para pelaku usaha yang bergerak di dalam bidang industri pakaian. Semoga penjelasan mengenai bahan cotton combed dapat memberikan manfaat serta wawasan bagi pembaca Keluarga Seragam. 

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang di Rumah Seragam,
Ada yang bisa dibantu?