Bahan Drill dan Penggunaannya Pada Seragam

Kain Drill

Kain drill merupakan salah satu jenis bahan yang memiliki tekstur sendiri. Tekstur pada kain drill memiliki serat dengan tekstur miring / diagonal. Jenis kain drill umumnya dibuat dari bahan katun dan polyester. Semakin banyak penggunaan katun pada drill maka biayanya pun semakin mahal. Beberapa jenis kain ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, seperti kemeja, blus, jaket safari, dan lain sebagainya. Untuk kain drill yang lebih tebal biasanya digunakan dalam pembuatan korset ataupun seragam lapangan.

Kain drill sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristik dan tujuan fungsi yang berbeda, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Cenderung tebal namun tetap terasa ringan dengan tingkat ketebalan yang dimiliki berbeda-beda. Ketebalan kain drill berbeda menurut jenis dan grade yang dimilikinya, Anda dapat memilih kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kebanyakan berwarna khaki atau warna yang menyerupai debu. Meski begitu, ada beberapa jenis kain drill yang memiliki pilihan warna lebih variatif jika Anda bosan dengan ragam warna yang itu-itu saja.
  • Memiliki tekstur khas berupa pintalan dalam alur miring/ diagonal. Adanya alur miring ini semakin membuat pintalan kuat dan tak mudah lepas. Anda tak perlu khawatir karena adanya alur ini memberikan tekstur dan karakteristik unik tersendiri yang tak dimiliki jenis kain lain.
  • Bagian dalam dan luar kain umumnya berbeda sehingga mudah dikenali. Anda bahkan bisa membedakannya secara kasat mata dengan melihat perbedaan gradasi warna pada kain. Lebih lanjut, perbedaan akan makin telihat ketika Anda menyentuh kain tersebut. Permukaan luar biasanya lebih halus dengan tekstur khas drill.
  • Meski tebal dan bertekstur diagonal, permukaan kain terasa lembut dan nyaman. Inilah yang membuat banyak orang memburunya. Meski tebal dan bertekstur, kain ini dikenal nyaman digunakan, bahkan untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia.
  • Pintalan kain sangat kuat. Anda tak perlu ragu soal kualitas dan kekuatan pintalan kain drill. Kain ini telah terbukti terkuat di kelasnya, sehingga tak mudah robek sekalipun tergores benda tajam 
  • Kain tidak mudah kusut sehingga memudahkan Anda dalam menyetrika. Dengan menggunakan pakaian berbahan kain drill, Anda akan terbebas dari kusut yang merusak mood ketika menyetrika. Sifat kain yang tak mudah kusut tentu akan menguntungkan Anda dan mempercepat proses penyetrikaan.

Keunggulan Kain Drill

Dibanding jenis kain yang lainnya, bahan kain drill dinilai memiliki keunggulan tersendiri. Tak heran jika kain jenis ini banyak diburu untuk berbagai keperluan, terutama sebagai bahan pembuatan pakaian yang terkesan resmi maupun casual.  Tekstur yang khas dan nyaman memang memberikan kesan elegan tersendiri bagi kain ini. Lalu, apa saja kelebihan lainnya?

1. Bahannya awet

Kain drill dipintal secara rapat dengan alur diagonal. Alur miring ini memberikan efek kokoh dan tak mudah terbelah ketika terdapat robekan di salah satu sisinya.

Tak heran jika kain drill kerap dijadikan material pembuatan seragam. Kain ini sangat tahan lama dan mudah dalam perawatannya, serta tak akan mudah kusut sekalipun tak disetrika.

2. Memiliki tekstur kain yang unik

Kebanyakan kain tak memiliki tekstur yang jelas pada permukaannya. Sekalipun ada beberapa kain yang memiliki alur pintalan datar, alur tersebut tak cukup nampak untuk dilihat secara sekilas.

Lain halnya dengan kain drill, alur diagonal yang dimiliki memberikan detail garis miring yang kentara sekalipun dilihat dengan mata telanjang.

3. Warnanya tidak mudah pudar

Selain awet karena bahannya yang kuat dan kokoh, kain drill memiliki keunggulan lain yang patut dibanggakan. Warna kain ini lebih awet dibandingkan jenis kain lainnya.

Sekalipun sering dicuci, jemur, setrika, warna kain drill tak cepat memudar. Hal ini menjadikan pakain Anda terkesan selalu fresh dan jauh dari kesan lusuh saat digunakan.

4. Tidak mudah kusut

Meski bukan pertimbangan utama, namun karakteristik kain yang tak mudah kusut tentu menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah produk kain.

Dibandingkan jenis lain, kain drill sangatlah mudah disetrika, cepat halus dan lembut. Ketika buru-buru dan tak sempat menyetrika pun, Anda masih bisa memakai kain ini lantaran sifatnya yang tak mudah kusut.

5. Memiliki variasi tingkat ketebalan yang berbeda

Berdasarkan jenisnya, kain drill telah diklasifikasikan dalam beberapa kategori berbeda-beda, yakni twist/ twill drill, american drill, japan drill, hisofy dan castofi drill.

Kelimanya memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah menentukan pilihan karena banyaknya opsi ketebalan yang ditawarkan, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

6. Cocok digunakan untuk pakaian resmi maupun casual

Salah satu kelebihan memiliki opsi ketebalan yang berbeda-beda adalah range penggunaan yang turut meningkat. Artinya, kain drill dapat dimanfaatkan dalam berbagai keperluan.

Drill dengan serat besar misalnya, akan sangat cocok digunakan dalam pembuatan seragam dinas lapangan. Sementara drill dengan serat tipis lebih cocok untuk bahan kemeja atau blouse.

7. Kainnya sangat kuat dan kokoh

Kekuatan dan ketahanan drill yang kokoh telah dikenal masyarakat sejak lama. Kain ini memang memiliki popularitas yang baik dalam hal kekuatan dan keawetan.

Hal ini merupakan salah satu dampak positif dari jalinan benang yang melintang diagonal. Karenanya, kain ini banyak digunakan dalam berbagai keperluan pakaian, mulai dari seragam lapangan, koki, jas, dan lainnya.

8. Bahannya adem

Meski memiliki serat benang yang tebal dibandingkan kain jenis lain, kain drill tetap menjadi andalan untuk dipakai dalam setiap kesempatan. Kain ini jenis ini tetap nyaman dan terasa adem ketika dikenakan.

Hal ini karena kandungan bahan katun yang terdapat di dalam materialnya. Terlebih lagi jenis histofy drill yang terkenal dengan kandungan katunnya yang tinggi.

9. Memiliki daya serap keringat yang cukup baik

Tak sebatas nyaman digunakan karena memberikan efek adem di badan, kain drill juga memiliki karakteristik mampu menyerap keringat ataupun air dengan cukup baik.

Bahan Drill seringkali digunakan sebagai bahan atasan seragam olahraga dan bawahan. Semoga penjelasan mengenai bahan Drill dapat memberikan manfaat serta wawasan bagi pembaca Keluarga Seragam.
Membutuhkan konsultasi? Tenang, karena Rumah Seragam siap membantu dengan gratis dan memberikan berbagai ide-ide kreatif dan menarik mengenai bahan maupun desain Seragam.

Leave a Reply

Open chat
Selamat Datang di Rumah Seragam,
Ada yang bisa dibantu?