Google Classroom Untuk Guru dan Siswa

Google Classroom merupakan aplikasi yang dibangun khusus untuk pengajar dan murid baik untuk jenjang sekolah, kuliah maupun kelas/jenjang launnya. Dapat diunduh secara gratis melalui playstore maupun AppStore. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk membuat area kelas secara online, dapat mengelola semua dokumen yang dibutuhkan murid dalam pembelajaran, ditujukan untuk menyederhanakan mendistribusikan serta menilai tugas dengan cara tanpa kertas. Tujuan utamanya ialah memudahkan untuk berbagi file antara guru dan siswa.

Google Classroom

MANFAAT GOOGLE CLASSROOM

  1. Mudah diatur. Pengajar dapat menambahkan siswanya baik secara langsung maupun menggunakan kode khusus, sehingga hanya butuh waktu beberapa menit untuk mempersiapkan dan mengatur hal tersebut.
  2. Hemat Waktu. Membuat, meninjau maupun menandai tugas dapat dilakukan dimana saja/suatu tempat.
  3. Lebih Teratur. Murid bisa dengan mudah melihat seluruh tugas atau tugas yang diberikan dengan jelas di dalam google drive. Dokumen pembelajaran dapat disimpan di Google Drive dan dapat diedit melalui aplikasi Drive seperti Google Documents, Spreadsheet dan sebagainya. Dirancang untuk guru/pengajar dan murid agar dapat berpikir dan bekerja.
  4. Meningkatkan Komunikasi. Pengajar dapat melakukan diskusi atau tanya jawab kapan saja dan murid bisa membagikan/membalas dengan jawaban atau sumber jawaban.
  5. Terjangkau dan Aman. Dapat diakses secara gratis dan tidak ada iklan.

FITUR GOOGLE CLASSROOM

  1. Membuat Tugas – Sebagai guru/pengajar, Classroom dimanfaatkan untuk membuat tugas pekerjaan rumah untuk murid. Anda sebagai guru dapat mengunggah dokumen yang diperlukan untuk dibaca atau dikerjakan murid. Murid akan menerima pemberitahuan email tentang tugas baru. Para murid ‘menyerahkan’ tugas setelah selesai, dan Anda kemudian dapat menilai tugas tersebut.
  1. Membuat Pengumuman – Jika memiliki pengalaman untuk seluruh kelas, Anda dapat dengan cepat mengetik pengumuman, yang dikirimkan melalui email ke semua murid di kelas.
  1. Menyimpan Materi Kelas – Bahan yang Anda tambahkan ke tugas bukan satu-satunya dokumen yang dapat disimpan. Anda dapat menyimpan dokumen lain yang diperlukan untuk murid di Google Drive.
  1. Izinkan Murid Berinteraksi – Murid memiliki kemampuan untuk mengomentari tugas dan pengumuman. Selain itu, suswa dapat mengirim email satu sama lain melalui antarmukan kelas.

CARA LOGIN CLASSROOM

  1. Masuk ke aplikasiatau akses lewat https://classroom.google.com/ di laptop atau PC.
  2. Klik Get Started, dan pilih alamat surel (email) Google yang ingin digunakan untuk bergabung di Google Classroom.
  3. Tekan tanda plus (+) di pojok kanan. Jika ingin untuk bergabung di salah satu kelas, pilih Join Class. Untuk pengajar bisa pilih Create Class.

4. Masukkan 7 digit Class Code yang sudah diberikan terlebih dahulu.

5. Jika sudah tergabung ke dalam kelas, kamu bisa melihat tugas atau materi yang dibagikan pengajar di Stream atau Classwork.

CARA MEMBUAT GOOGLE CLASSROOM

  1. Buka classroom.google.com.
  2. Di halaman Kelas, klik Tambahkan (tanda + ) lalu pilih Buat kelas.
  3. Masukkan nama kelas.
  4. Untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, klik Bagian dan masukkan detailnya
  5. Untuk menambahkan mata pelajaran, klik Mata Pelajaran, lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika memasukkan teks.
  6. Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruangan dan masukkan detailnya.
  7. Klik Buat/Create.
CARA MENGIRIM TUGAS/QUIZ

Sebagai siswa, Anda dapat mengirim dokumen ke guru atau membuat file sendiri dan melampirkannya.

  1. Buka Google Classroom Dashboard
  2. Masuk ke Classwork > Assignment
  3. Selanjutnya, klik pada formulir dan jawab pertanyaannya.
  4. Klik Kirim, lalu tandai yang sudah selesai dan konfirmasikan
  5. Tugas akan secara otomatis ditandai sebagai ‘Turned In’ jika tidak ada lagi yang akan dilakukan.
  6. Jika ada tugas lain, anda dapat mengakses kembali tugas tersebut

Nah, itulah penjelasan mengenai Google Classroom. Setelah membaca artikel diatas, mudah-mudahan dapat menambah wawasan maupun pengetahuan Anda. Referensi dari Pikiran Rakyat, Tribun News dan Suara. Anda dapat menghubungi kontak toko tk atau Rumah Seragam jika ada yang ingin ditanyakan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Open chat
Admin Rumah Seragam
Selamat Datang di Rumah Seragam,
Ada yang bisa dibantu?