Pemprov DKI Mewajibkan PAUD Diikuti Oleh Anak Sebelum Masuk SD

Pemprov DKI mewajibkan PAUD diikuti oleh anak sebelum masuk SD, mengapa?

Usia dini merupakan usia emas yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas anak. Anak-anak dididik kesiapannya sebelum masuk ke tahap pendidikan lebih lanjut dengan memberikan rangsangan pendidikan awal usia dini yang sangat penting baik dalam segi perkembangan jasmani maupun rohani mereka. Jika anda belum mengetahui PAUD, anda dapat mengetahuinya disini.

Pemprov DKI Mewajibkan PAUD

Atas dasar inilah mengapa terdapat kewajiban orang tua untuk mengajak buah hati mengikuti PAUD dan inilah yang siap ditegakkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ole karena itu, Disdik DKI Jakarta akan menerapkan layanan wajib PAUD satu tahun untuk semakin mempersiapkan anak-anak ke jenjang Sekolah Dasar. Layanan ini akan mulai berlaku pada tahun ajaran baru 2021/2022 mendatang bagi anak usia 5 sampai dengan 6 tahun. 

Mendukbud pun sudah mengambil langkah dengan memprioritaskan vaksinasi untuk Guru PAUD dan SD. Suharti (Deputi Gubernur Pemprov DKI Bidang Pengendalian Pendidikan dan Pemukiman) menjelaskan, Paud memberikan fondasi perkembangan emosional dan sosial anak yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan selanjutnya di sekolah. “Hal tersebut juga diperkuat dari berbagai penelitian yang menemukan bahwa hasil belajar siswa yang tidak melalui PAUD secara signifikan lebih rendah dibanding siswa yang mengikuti PAUD, “ujar Suharti.

Keputusan wajib PAUD ini sebenarnya sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum Pendidikan yang harus dipenuhi pemerintah daerah yang tertuang dalam Perendikbud Nomor 32 Tahun 2018 tentang standar teknis pelayanan minimal pendidikan. Sosialisasi mengenai wajib PAUD satu tahun untuk anak-anak di Ibu Kota yang berusia lima sampai enam tahun akan disosialisasikan Dinas Pendidikan DKI Jakarta, dimana kewajiban ini akan dimulai pada Tahun Ajaran Baru 2021/2022.

Itulah informasi mengenai perkembangan di dunia pendidikan (Pemprov DKI mewajibkan PAUD) pada masa pandemi saat ini. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak Anda. Semoga Kami dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan seragam sekolah. maupun perlengkapan-perlengkapan lainnya disini.

Leave a Reply

Open chat
Admin Rumah Seragam
Selamat Datang di Rumah Seragam,
Ada yang bisa dibantu?